Jumat, 24 Juni 2011

'Nyi Roro Kidul' di Solo Batik Carnival






Joe'KeR'news - Solo Batik Carnival kembali digelar akhir pekan ini, Sabtu, 25 Juni 2011. Mengusung tema 'Keajaiban Legenda', gelaran tahunan ini akan dimeriahkan Putri Indonesia 2010, Nadine Alexandra Dewi Ames, Puteri Lingkungan 2010, Reisa Kartikasari, dan Puteri Pariwisata 2010, Alessandra Khadijah Usman, dan salah satu Putri Intelegensia 2010.

Presiden Direktur Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo, mengatakan, keempat putri Indonesia tersebut akan mengenakan kostum batik dan diarak di panggung terbuka di sekitar Jalan Slamet Riyadi. Keempat Putri Indonesia tersebut akan datang ke Solo pada esok hari.

“Misal untuk Nadine Alexandra akan mengenakan kostum batik yang menggambarkan legenda Kanjeng Ratu Kidul. Sedangkan dokter Reisa akan memakai kostum Nyi Roro Kidul,” katanya kepada wartawan di rumah dinas Walikota Solo, Jumat, 24 Juni 2011.

Mooryati menambahkan, kostum yang dikenakan Nadine ini juga akan dikenakan untuk bertarung dalam ajang Miss Universe di Rio de Jeneiro, Brazil pada bulan Juli mendatang. “Jadi besok saat sesi busana tradisional, Nadine akan mengenakan kostum Solo Batik Carnival ini,“ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Purnomo Subagyo, mengatakan, Solo Batik Carnival ke-4 ini akan tampil berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain tema, juga mencoba memilih waktu pada malam hari.

Karnaval tahun ini akan menampilkan simbol-simbol dan tokoh-tokoh legenda Jawa. Seperti, tokoh Ratu Kencana Wungu akan ditampilkan dengan simbol replika Candi Bentar dan Roro Jongrang dan juga Ratu Kidul yang konon suka dengan warna hijau. “Pawai ini diharapkan bisa mempromosikan batik dan Solo,“ kata Purnomo.

4 komentar: